Jumat, 02 November 2012

Tips merawat gigi

Gigi adalah bagian dari rongga mulut yang kadang perawatannya tidak kita perhatikan dengan serius. Banyak orang yang mengabaikan kesehatan gigi. Padahal merawat kesehatan gigi sangatlah penting. Jika kita terserang sakit gigi, anggota tubuh yang lain juga ikut merasakan sakitnya. Sehingga terasa gangguan tubuh seperti pening, demam sampai mual-mual. Bahkan gangguan pada gigi bisa berdampak pada penyakit serius seperti diabetes atau stroke. Kesehatan gigi sangatlah penting untuk kehidupan. Maka tips merawat gigi ini akan menolong Anda dari gangguan pada gigi dan hidup Anda.

1. Rajin Gosok Gigi Menggosok gigi tidak perlu terlalu rajin atau berlebihan, 6 kali sehari misalnya. Ini malah menyebabkan rusaknya lapisan gigi. Cukup 2 atau 3 kali sehari, setelah sarapan atau makan siang dan sebelum tidur. Cara menggosok gigi yang benar adalah menggosok dari atas ke bawah mengelilingi permukaan gigi bagian depan, kemudian dilanjutkan pada bagian dalam. Gunakan sikat gigi berbulu halus agar tidak melukai gusi.

2. Gunakan Dental Floss Kadang sisa-sisa makanan masih melekat di sela-sela gigi setelah menggosok gigi. Jika perlu, gunakan dental floss atau benang gigi. fungsinya untuk membersihkan sisa makanan yang bersembunyi di sela-sela gigi.

3. Obat Kumur Berkumur setelah menggosok gigi 2 kali sehari dapat membantu melawan kuman penyebab plak pada gigi. Pilihlah obat kumur yang mengandung fluoride, sehingga mampu mencegah gigi berlubang. Namun tanpa alkohol, karena bisa menyebabkan mulut terasa perih saat berkumur.

4. Hindari Makanan Manis Bakteri yang ada di dalam mulut sangat menyukai makanan yang manis yang Anda konsumsi. Berkumurlah dengan air setelah mengonsumsi makanan manis untuk menghilangkan sisa-sisa gula yang ada, karena jika tidak, bakteri akan melekat dan membusukkan gigi.

5. Makanan Panas dan Dingin Mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat membuat gigi retak dan merusak sensivitasnya. Oleh karena itu, buatlah makanan Anda hangat terlebih dahulu sebelum dimakan.

6. Ganti Sikat Gigi Setiap 3 Bulan Sebagian besar orang menyimpan hingga 10 juta bakteri dalam mulut, yang dipindahkan ke sikat gigi Anda. Bakteri ini akan dapat bertahan hingga 48 jam atau bahkan lebih lama, bila sikat gigi tidak dibiarkan mengering. Sikat gigi juga rentang terhadap kuman yang terletak di udara setiap kali toilet disiram. Oleh karena itu, disarankan agar menyimpan sikat gigi minimal 2 meter jaraknya dari toilet. Dokter gigi juga merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali.

7. Periksa Kondisi Gigi Setiap 6 Bulan Lakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan ke dokter gigi, untuk perawatan dan pencegahan terhadap kerusakan gigi.

Sumber : ( http://www.anneahira.com/tips-merawat-gigi.htm)


0 komentar:

Posting Komentar