Rabu, 01 Agustus 2012

BALON RAKSASA TAMAN MINI INDONESIA INDAH


Balon Udara Taman Mini Indonesia Indah

Now open, begitulah tulisan besar yang mengelilingi balon udara raksasa ini terlihat ketika balon menaik ke atas. Balon udara raksasa kini tak perlu jauh ke Cina, Jepang, Korea atau bahkan Amerika untuk merasakan wahana yang satu ini. 

            Kini di Taman Bunga Keong Emas, tepatnya di belakang Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah. Balon udara ini dibuka sejak awal Januari 2012, selama kurang lebih lima tahun akan berada di TMII. Wahana ini satu-satunya yang ada di Indonesia, tiap hari dibuka untuk umum dengan harga Rp100 ribu untuk dewasa, Rp80 ribu untuk anak-anak diluar weekend dan Rp120 ribu untuk dewasa, Rp100 ribu untuk anak-anak di weekend.

            Wahana ini dibuka mulai dari pukul 09:00 - 17:00 WIB disetiap harinya. Untuk penjualan tiket sendiri dapat melalui media online serta on the spot. Dan harga tiket bila dibeli lewat media online lebih murah dibandingkan dengan on the spot.

            “Biasanya di saat weekend kita ramai, kalau hari biasa seperti saat ini sering dikunjungi siswa-siswi yang sedang studytour.  Harga untuk yang studytour ada paketnya sendiri, dan lebih murah,” papar Totok, humas balon raksasa.

            Balon udara ini memiliki berat sebesar satu ton dan bisa menampung 30 orang dewasa. Saat menaik, kita akan disuguhkan pemandangan yang indah dari atas dengan ketinggian 150 meter dalam waktu 15 menit kita akan merasakan pengalaman menaiki balon udara yang besar tersebut.

         Dalam rangka ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah, pada 21 april 2012 Taman mini  menyuguhkan pesta kembang api dan TMII dibuka gratis untuk umum, balon raksasa pun mengadakan penjualan tiket yang berbeda, saat TMII ulang tahun akan diberlakukan buy two get one tickets, yakni beli dua akan mendapatkan bonus satu tiket untuk menaiki balon tersebut.

Balon udara raksasa ini berada di kawasan Taman Bunga Keong Mas, yang tepat di belakang teater Keong Mas. Wahana ini sangat aman untuk dinaiki, hanya saja anak berumur 5-9 tahun harus naik didampingi orang dewasa. Balon udara ini hanya akan mengudara jika cuaca sedang baik dan cerah.

Selain sebagai wanaha wisata, balon raksasa ini juga jadi sesi edukasi untuk anak-anak sekolah SD-SMP terutama untuk menambah pengetahuan mereka. Untuk ke depannya, wahana ini akan bisa dijadikan tempat pernikahan dengan konsep unik yaitu Wedding in the Sky dan di sekitar wahana nantinya akan ada berbagai macam permainan lain seperti go-kart dan berbagai stand makanan.

Sistem wahana ini sedikit unik. Balon udara hanya akan naik pada cuaca tertentu, biasanya pada saat cuaca sedang baik dan cerah. Berjalannya wahana bergantung dengan cuaca, angin dan petir. Hal ini cukup masuk akal, mengingat balon ini akan ada di ketinggian 150 meter dari tanah. Selain itu, wahana ini bekerja sama dengan Lanud Halim.

0 komentar:

Posting Komentar