Sabtu, 05 Mei 2012

Keunikan Burung Hantu

Saw-whet OWL - Gambar Istimewa


Hewan unik ini sering dianggap pembawa sial bagi sebagian masyarakat indonesia, karena sifatnya yang misterius dan aktif di saat malam tetapi di daerah barat burung hantu dianggap kebijaksanaan. sayangnya burung hantu ini terancam habitatnya karena banyak penembangan pohon liar. saya turut prihatin dengan keadaan seperti ini. burung hantu ini dalam bahas inggris disebut dengan OWL, burung ini mempunyai beberapa keunikan seperti :
  1. burung hantu memiliki 150 spesies yang berbeda, hidup burung hantu tersebar di semua benua kecuali benua antartika.
  2. burung hantu adalah hewan karnivora atau hewan pemakan daging. santapan utama burung hantu adalah hewan-hewan pengerat seperti tikus dan makan lainya seperti serangga, reptil-reptil kecil dan ikan bahkan burung hantu ini dapat menghabiskan 1000 ekor tikus dalam setahun dalam sebuah peternakan burung hantu.
  3. pendengaran burung hantu ini sangat unik karena pendengarannya lebih tajam dalam menentukan pergerakan mangsanya dibandingkan dengan penglihatannya.
  4. burung hantu memiliki lembaran-lembaran bulu di sekitar telinganya. lembaran-lembaran bulu ini tidak untuk membantu pendengarannya melainkan berkamuflase untuk menakut-nakuti burung lainnya.
  5. mata burung hantu terlingkupi oleh tulang mata sehingga tidak bisa digerakkanuntuk melirik ke kanan atau ke kiri.
  6. kepala burung hantu dapat berputar 180 derajat.
  7. burung hantu memiliki 3 kelopak mata. kelopak pertama untuk berkedip, kelopak kedua untuk tidur dan kelopak ketiga untuk menjaga mata agar tetap selalu bersih dan sehat.
  8. kaki burung hantu mempunyai kaki zygodactyl dengan dua jari di depan dan dua jari dibelakang. bentuk kakinya seperti itu semakin menguatkan dirinya sebagai seekor predator.
  9. burung hantu ternyata tidak semua seekor nocturnal atau keluar pada malam hari, beberapa diantaranya ada yang keluar pada siang hari tergantung pada kondisi habitatnya, musim serta makanan.
  10. burung hantu pada zaman negri mesir dan bangsa maya dipergunakan sebagai simbol-simbol kuno.
  11. ekor burung hantu umumnya pendek, namun sayapnya besar dan lebar. rentang sayapny mencapai sekitar tiga kali panjang tubuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar